Bisul Muncul Bukan Karena Kebanyakan Makan Telur


TRIBUNNEWS.COM – Apa yang Anda rasakan saat bisul muncul di tubuh? Tak nyaman pastinya. Bagaimana bisa bisul muncul?

Dr M Syefei Hamzah SpKK, Spesialis Kulit dan Kelamin RSU Abdul Moeloek Bandar Lampung mengatakan, bisul adalah infeksi yang disebabkan oleh bakteri. Bisul timbul di permukaan kulit, karena kurang menjaga kebersihan diri.

Bisul jelas Syefei bisa terjadi ketika menggaruk hingga lecet, timbul bakteri yang menyebabkan infeksi penyebab bisul. Bisa juga kerena kekurangan gizi yang membuat daya tahan tubuh lemah.

Bisul (furunkel) adalah infeksi kulit yang meliputi seluruh folikel rambut dan jaringan subkutaneus di sekitarnya. Penyebabnya adalah bakteri stafilokokus, tapi bisa juga disebabkan oleh bakteri lain atau jamur.

Furunkel berawal dari benjolan keras berwarna merah yang mengandung nanah. Lalu, benjolan ini akan berfluktuasi, dan di tengahnya menjadi putih atau kuning (membentuk pustula).

Bisul bisa pecah spontan atau dipecahkan dan mengeluarkan nanahnya, kadang mengandung sedikit darah. Bisa juga disertai nyeri yang sifatnya ringan sampai sedang.

Kulit di sekitarnya tampak kemerahan atau meradang. Kadang disertai demam, lelah, dan tidak enak badan. Jika furunkel sering kambuhan, maka keadaannya disebut furunkulosis.

Diagnosis ditegakkan berdasarkan gejala-gejalanya. Pembiakan contoh jaringan kulit bisa dilakukan untuk memastikan penyebabnya adalah stafilokokus.

Bisul paling sering ditemukan di daerah leher, payudara, wajah, dan bokong. Akan terasa sangat nyeri jika timbul di sekitar hidung, telinga, atau pada jari-jari tangan.

Bisul bisa menyerang siapa saja, dan dari golongan usia berapapun. Namun, yang paling sering diserang adalah bayi dan anak-anak.

Jadi, anggapan yang menyatakan bisul disebabkan karena kebanyakan makan telur adalah salah. Bila lingkungan kurang bersih, infeksi pun akan mudah terjadi. Sedangkan anak-anak identik dengan dunia bermain, termasuk main yang kotor-kotor, misalnya main tanah.

Belum lagi habis main, si anak langsung pegang ini-itu tanpa cuci tangan lebih dulu. Nah, kalau kebersihan anak dan bayi tak dijaga dan diperhatikan oleh orangtua, maka akan mempermudah terjadinya bisul.

Selain itu, anak-anak biasanya sering menggaruk karena rasa gatal yang ditimbulkan akibat biang keringat. Padahal, garukan tersebut dapat merusak kulit, sehingga memudahkan masuknya kuman dan timbul lah infeksi.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s